Audit Struktur Gedung / Survei Investigasi Struktur

NON DESTRUKTIF TEST (NDT)

Pengujian Hammer Test

Hammer Test adalah metoda pengujian yang dilakukan dengan memberikan beban impact (tumbukan) pada permukaan beton dengan menggunakan suatu massa yang diaktifkan dengan memberikan energi yang besarnya tertentu. Jarak pantulan yang timbul dari massa tersebut pada saat terjadi tumbukan dengan permukaan beton benda uji dapat memberikan indikasi kekerasan dan juga, setelah dikalibrasi dapat memberikan indikasi nilai kuat tekan beton benda uji.

Ultrasonic Pulse Velocity Test (UPV Pundit)

Metoda pengujian dilakukan dengan alat PUNDIT dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa kecepatan rambat gelombang yang melalui suatu media padat bergantung pada sifat-sifat elastik media padat tersebut. Jika digunakan dengan baik dan benar, alat ini dapat memberikan informasi yang banyak mengenai kondisi bagian permukaan ataupun bagian dalam beton. Alat ini secara tak langsung juga dapat memberikan informasi mengenai nilai kuat tekan beton, jika hubungan antara sifat-sifat elastik suatu benda padat dengan nilai kuat tekannya diketahui. Alat yang digunakan dalam kegiatan ini adalah UPV Pundit Lab+ Versi Digital fabrikan Proceqdengan kalibrasi sebesar 25,4 μsec pada alat.

Alat ini pada  dasarnya  terdiri atas  pembangkit  signal gelombang,  Transducer  pengirim (transmitter) dan Transducer penerima (receiver). Alat ini juga dilengkapi oleh alat pengukur dan perekam waktu yang dibutuhkan oleh gelombang untuk merambat daritransmitter ke receiver. Jika panjang lintasan (jarak antara transmitter dan receiver) diketahui, maka kecepatan rambat gelombang yang terjadi bisa dihitung. Jenis  Transducer yang sesuai untuk aplikasi pada material beton adalah Transducer dengan frekuensi pribadi berkisar antara 20 KHz dan 150 KHz. Standar metoda pengujian ultrasonik ini dapat dilihat pa da BS 4408 pt.5 atau ASTM C 59.

Gelombang ultrasonik disalurkan dari transmitter transducer yang ditempatkan dipermukaan beton melalui material beton menuju receiver transducer dan waktu tempuh gelombang tersebut diukur oleh  Read-Out unit PUNDIT (Portable Unit Non Destructive Indicator Tester) dalam m detik. Kedua transducer tersebut dapat ditempatkan secara direct, semi direct atau indirect.